Friday, January 23, 2015

Cara Mudah Beternak Kalkun Agar Cepat Besar

Cara Mudah Beternak Kalkun Agar Cepat Besar – Apa kabar sahabat pembaca, pada kesempatan ini caraternak.info akan membahas mengenai ayam. Ayam kalkun merupakan salah satu jenis ayam yang banyak dikembangbiakkan selain ayam kampung dan ayam pedaging. Kalkun merupakan salah satu bahan makanan yang sangat terkenal akan kelezatannya. Di luar negeri, kalkun menjadi makanan favorit jika sedang ada acara seperti pesta tapi mungkin untuk di Indonesia masih belum begitu populer kalkun dijadikan sebagai bahan makanan. Kalkun merupakan sejenis ayam yang berukuran cukup besar dan juga memiliki bentuk tubuh unik. bagi kalian yang penasaran ingin mencoba beternak kalkun, berikut kami akan berikan penjelasan singkat mengenai cara beternak kalkun.

Cara Beternak Kalkun

Pemilihan bibit ayam kalkun

Pemilihan bibit kalkun yang baik dan benar akan mempengaruhi keberhasilan dalam beternak kalkun. Saat kita membeli ayam kalkun untuk diternak, pastikan kondisi ayam dalam keadaan sehat dan juga tidak terdapat cacat pada tubuhnya. Selain itu perhatikan juga bentuk tubuh si kalkun. usahakan pilih ayam yang memiliki tubuh tegap.

Pemilihan lokasi ternak ayam kalkun

lokasi peternakan yang strategis akan menjamin keberhasilan dalam usaha ternak kalkun. usahakan tempat ternak kalkun jauh dari keramaian untuk menjaga kenyamanan kalkun. selain itu juga untuk mengantisipasi hilangnya kalkun oleh orang-orang jail karena memang harga kalkun di pasaran sangatlah tinggi.

Kandang ternak ayam kalkun

Sama seperti hewan ternak lainnya, kalkun juga memerlukan kandang yang bisa ia gunakan sebagai tempat untuk tinggal dan melindungi diri dari gangguan di sekitarnya. Kandang kalkun tidaklah memerlukan kandang yang rumit, cukup dengan adanya pembatas seperti pagar dan juga atap untuk berteduh serta tempat untuk kalkun berkeliaran, kalian sudah bisa untuk memulai ternak kalkun. Satu hal yang perlu diperhatikan dalam kandang kalkun yaitu usahakan sinar matahari dapat masuk ke kandang terutama sinar matahari pagi. Selain itu kebersihan kandang juga perlu dijaga untuk menghindarkan kalkun dari berbagai macam penyakit. Tempat makan dan minum juga harus tersedia di dalam kandang. Pisahkan kalkun menurut usianya. hal ini untuk menghindari perkelahian antar sesama kalkun.

Pemberian pakan ayam kalkun

Pemberian pakan yang tepat dan juga sesuai akan menunjang keberhasilan dalam ternak kalkun. Untuk mengurangi biaya pakan, kita dapat memenfaatkan makanan sisa baik dari rumah makan maupun tempat usaha catering. Selain itu kita juga dapat memenfaatkan dedak yang dicampur dengan ikan-ikan kecil maupun keong yang bisa kita dapatkan dengan mudah di area persawahan. Untuk menambah nutrisi, sesekali kita bisa berikan makanan kemasan yang banyak dijual di toko-toko hewan. Pemberian makan juga harus disesuaikan dengan usia dan kondisi fisik kalkun agar makanan didalam kandang selalu habis karena apabila makanan tidak habis dan membusuk di dalam kandang dapat menyebabkan bakteri yang dapart menyerang kalkun. Selain makanan, minuman juga harus tyersedia di dalam kandang. usahakan letak antara makanan dan minuman kalkun saling berjauhan. hal ini untuk menjaga kebersihan minuman agar tidak tercampur dengan makanan kalkun.

Pemberian vaksin ayam kalkun

Untuk menjaga kesehatan kalkun, kita harus memebri ayam kalkun suplemen atau vitamin dan juga vaksin agar ayam kalkun tidak mudah terkena penyakit. pemberian vitamain dan vaksin dapat dilakukan setiap satu atau dua bulan sekali.

Itulah beberapa tips yang dapat kami berikan mengenai cara beternak ayam kalkun. Untuk informasi ternak yang lebih banyak seperti bebek, kambing, dan lele, silahkan kunjungi blog kami kembali. Semoga informasi yang kami berikan bisa bermanfaat…

No comments:

Post a Comment