Friday, January 23, 2015

Langkah awal beternak ayam Kalkun

Langkah awal beternak ayam Kalkun

Siapa yang tidak tau kalkun?? hemmm...semua orang tau ayam raksasa ini. Beternak ayam kalkun itu gampang-gampang susah , untuk itu langkah awal sangat berperan penting. Bagi para peternak kalkun yang sukses saya yakin dulunya jatuh bangun namun tetap berdiri lagi dan bersemangat. Untuk itu saya akan berbagi dalam kaitannya langkah awal beternak ayam kalkun sebagai berikut :

1. Untuk modal awal bukan materi, tapi modal awal berternak kalkun adalah SUKA. Ini berlaku untuk semua jenis usaha, oleh karena itu kalau kita sudah SUKA maka kita akan menyukai dengan kalkun kita.

2. Sebelum memulai beternak, kita harus cukup ilmu. Ilmu bisa kita dapatkan dari buku, internet, dan juga  bisa interview dengan peternak-peternak kalkun yang sekarang sudah besar. Pengalaman saya, dulu pertama beternak ayam kalkun sudah SUKA namun karena belum punya ilmu cara beternak kalkun maka gagal di awal. Dulu saya membeli sepasang anakan kalkun usia 2 bulan, namun besoknya mati semua. Sayang kan, uang melayang dalam waktu 24 jam. Maka dari itu sebelum beternak alangkah baiknya kita cari ilmu dulu.

3. Siapkan kandang yang efisien. Jangan membuat kandang yang hanya mengutamakan bentuknya saja.

4. Untuk (maaf) para pemula saya rekomendadikan membeli kalkun usia 3 bulan, karena di usia tersebut kalkun sudah tahan terhadap cuaca dan pemeliharaannya tidak terlalu merepotkan. Beda dengan usia 1 bulan yang masih memerlukan penanganan khusus.

5. Sayangi kalkun Anda dan jangan bosan untuk merawat.

No comments:

Post a Comment